PROPOSAL TUGAS AKHIR
KOMPUTERISASI PENJUALAN BARANG
DI PERUSAHAAN SHELY HANDYCRAFT
Disusun Oleh :
Laila Nur
Khasanah
3011030025
PROGRAM STUDI
KOMPUTERISASI AKUNTANSI
AKADEMI
MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER (AMIKOM)
CIPTA DARMA
SURAKARTA
2013
PROGRAM STUDI
KOMPUTERISASI AKUNTANSI
AKADEMI
MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER (AMIKOM)
CIPTA DARMA
SURAKARTA
2013
PERSETUJUAN PROPOSAL TUGAS AKHIR
Nama Pelaksana Tugas Akhir : Laila Nur Khasanah
Nomor Induk Mahasiswa : 30.11.03.00.25
Program Studi : Komputerisasi Akuntansi
Judul Tugas Akhir : Komputerisasi Penjualan Barang
Di
Perusahaan Shely Handycraft
Surakarta, Maret 2013
Menyetujui,
M. Hari Purwidiantoro, ST, MM
1.
Judul
Usulan Penulis
KOMPUTERISASI
PENJUALAN BARANG DI PERUSAHAAN SHELY HANDYCRAFT.
2.
Latar
Belakang
Kompleknya kebutuhan manusia di masa sekarang ini, menuntut manusia
untuk bekerja lebih cepat dan tepat. Maka semakin meningkatnya kebutuhan akan teknologi
untuk memenuhi kebutuhan manusia. Teknologi membawa pengaruh besar terhadap perkembangan
dunia pendidikan maupun dunia bisnis. Salah satu bentuk dari teknologi tersebut
adalah komputer. Komputer merupakan alat yang dibutuhkan oleh suatu perusahaan
yang dapat membuat data lebih cepat, tepat, akurat serta dapat menghemat ruang
penyimpanan sehingga dapat mempermudah pengarsipan dan pencarian data.
Begitu besar manfaat sistem komputer, menjadikan maraknya
software-software bisnis yang dikembangkan. Salah satunya sebagai salah satu
pemenuhan kebutuhan pengusaha dalam mengatur finansial dan manajemen
perusahaan. Sehingga pengusaha dapat segera membantu pengambilan keputusan
bisnis dengan cepat dan tepat.
Semakin berkembangnya teknologi informatika, otomatis menuntut segala
bidang terkomputerisasi. Tanpa terkecuali dalam bidang akuntasi perusahaan.
Akuntansi memerlukan database yang confidential karena seluruh transaksi yang
ada rata-rata berkaitan dengan keuangan sebuah perusahaan.
Tidak berbeda dengan apa yang diperlukan diperusahaan SHELY HANDYCRAFT
ini yang melakukan banyak transaksi penjualan setiap hari. Transaksinya pun
masih menggunakan catatan tertulis dan mengunakan Microsoft Excel untuk
menyimpan jumlah data barang. Dengan sistem seperti ini sebenarnya tidak salah,
namun terkadang terjadi kesalahan dalam penulisan. Dan jumlah data barang pun
sering tidak sesuai dengan jumlah yang ada digudang.
Atas dasar penjelasan diatas, maka diperusahaan SHELY HANDYCRAFT membutuhkan
sistem yang terkomputersasi. Agar dapat membantu jalannya transaksi dengan
baik, meminimalkan kesalahan, mengatasi kesalahan perhitungan jumlah data
barang serta mempermudah pencarian data-data yang dibutuhkan. Dengan tugas akhir
yang berjudul “KOMPUTERISASI PENJUALAN BARANG DI PERUSAHAAN SHELY HANDYCRAFT”.
3.
Rumusan
Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah
diatas, maka dapat disimpulkan masalah sebagai berikut “Bagaimana komputerisasi
penjualan barang di Perusahaan SHELY HANDYCRAFT agar dapat meminimalkan
kesalahan pencatatan dan dapat menyajikan laporan penjualan?”.
4.
Batasan
Masalah
Adapun batasan masalah yang menjadi
parameter sebagai panduan penyelesaian rumusan masalah adalah sebagai berikut :
1.
Input data, meliputi :
a. Input
data barang
b. Input
data costumer
2.
Transaksi penjualan
3.
Laporan, meliputi :
a. Laporan
data barang
b. Laporan
data costumer
c. Laporan
penjualan
5.
Manfaat
dan Tujuan Penulisan
1.
Manfaat Penulisan
a. Bagi
Penulis
Dengan adanya penulisan Tugas Akhir ini,
penulis mendapatkan pengalaman-pengalaman yang berharga, karena penulis terjun
ke lapangan secara langsung dan mengamati permasalahan-permasalahan yang ada
didunia kerja.
b. Bagi
Perusahaan Shely Handycraft
Untuk memberikan kemudahan dalam
transaksi penjualan serta mendapatkan laporan penjualan yang mudah, cepat dan
akurat.
c. Bagi
Amik Surakarta
Sebagai bahan refernsi bagi rekan-rekan
yang akan melakukan penelitian.
2.
Tujuan Penulisan
a. Tujuan
Khusus :
Ø Sebagai
pendukung tugas akhir untuk memenuhi persyaratan kelulusan program Diploma III
AMIK AMIKOM SURAKARTA.
Ø Untuk
mengetahui sejauh mana kemampuan penulis dalam memecahkan masalah yang dihadapi
berkaitan dengan penjualan disebuah perusahaan manufaktur, serta mengimplementasikan
program aplikasi penjualan.
b. Tujuan
Umum :
Ø Mengenalkan
sistem aplikasi penjualan beserta laporannya, sebagai fasilitas untuk
mempermudah transaksi penjualan sehari-hari.
6.
Teori
Yang Digunakan
6.1 Pengertian Sistem
Sistem adalah sebuah tatanan yang terdiri atas sejumlah komponen
fungsional (dengan tugas/fungsi khusus) yang saling berhubungan dan secara
bersama-sama bertujuan untuk memenuhi suatu proses/pekerjaan tertentu.
6.2 Pengertian Informasi
Informasi dapat didefinisikan sebagai hasil dari pengolahan data dala
suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya yang
menggambarkan suatu kejadian-kejadian (event) yang nyata (fact) yang digunakan
untuk pengambilan keputusan.
6.3 Pengertian Sistem Informasi
Sistem Informasi adalah suatu sistem di
dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi
harian, mendkung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu
organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang
diperlukan.
6.4 Pengertian Sistem Akuntansi
Sistem Akuntansi adalah organisasi formulir, catatan, dan laporan yang
dikoordinasikan sedemikian rupa untuk menyediakan informasi keuangan yang
dibutuhkan oleh manajemen guna memeudahkan pengolahan perusahaan.
6.5 Pengertian Komputerisasi
Komputerisasi adalah perubahan data manual kepada pengolahan data dengan
menggunakan alat bantu komputer. Dengan adanya computer sebagai alat bant
manusia, telah memberikan kemudahan-kemudahan mulai dari pemecahan perhitungan
yang rumit, pembukuan grafik, komunikasi dan sebagainya.
6.6 Pengertian Penjualan
Penjualan terdiri dari transaksi penjualan barang atau jasa, baik secara
kredit maupun secara tunai.
1.
Penjualan kredit, jika order dari
pelanggan telah dipenuhi dengan pengiriman barang atau penyerahan jasa, untuk
jangka waktu tertentu perusahaan memiliki piutang kepada pelanggannya.
2.
Penjualan tunai, barang atau jasa baru
diserahkan oleh perusahaan kepada pembeli jika perusahaan telah menerima kas
dari pembeli.
6.7 Pengertian Basis Data
Basis Data adalah himpunan kelompok data yang saling berhubungan yang
diorganisasi sedemikian rupa sehingga kelak dapat dimanfaatkan dengan cepat dan
mudah.
6.8 Pengertian DBMS (DataBase Management System)
DBMS merupakan program yang memungkinkan item-item dalam suatu database
disusun, diolah dan diperbaharui.
6.9 Pengertian Normalisasi
Merupakan cara pendekatan dalam membangun desain logika basis data
relasional yang tidak secara langsun berkaitan dengan model data, tetapi dengan
menerapkan sejumlah aturan dan kriteria standar untuk menghasilkan struktur
tabel yang normal.
6.10
Pengertian DDL (Data Definition Language)
DDL memberikan perintah untuk mendefinisikan dan memodifikasi database
dan strukturnya termasuk konstrain-konstrain yang ada suatu table. Contoh
konstrain yang dimaksud disini adalah prymasy key, foreign key, null, default,
index, unique dan lain-lain.
6.11
Pengertian DML (Data Manipulation Language)
DML merupakan bahasa query yang berdasarkan pada aljabar relasi dan
kalkulus relasi tuple. Termasuk dalam perintah ini adalah penyisipan,
penghapusan dan modifikasi.
6.12
DFD (Data Flow Diagram)
Data Flow Diagram adalah suatu model logika dan atau proses yang dibuat
utuk menggambarkan dari mana asal data dan kemana tujuan data yang keluar dari
sistem, dimana data disimpan, proses apa yang menghasilkan data tersebut dan
interaksi antara data yang tersimpan dan proses yang dikenakan pada data
tersebut. DFD ini digunakan untuk menjelaskan aliran informasi dan transformasi
data yang bergerak dari pemasukan data hingga keluaran.
6.13
ERD (Entity Relationship Diagram)
ERD
merupakan gambaran data yang dimodelkan dalam satu diagram yang digunakan untuk
mendokumentasikan data sebuah perusahaan dengan cara menentukan data apa saja
yan terdapat dalam setiap entity dan bagaimana hubungan antara entity satu
dengan yang lainnya. Tujuan utama dari penggambaran ERD adalah untuk
menunjukkan struktur objek data (entity) dan hubungan (relationship) yang ada
pada objek tersebut.
7.
Gambaran
Umum
Gambaran
umum dari obyek Profil Tugas akhir :
Sejarah singkat berdirinya Shely
Handycraft
Berawal dari keinginan untuk mengembangkan keahliannya dalam berkarya
seni dan memanfaatkan limbah kayu sono keling dan mahoni, akhirnya Bapak H.
Slamet Widodo bersama istrinya merintis usaha membuat handycraft atau kerajinan
tangan yang terbuat dari limbah kayu sono keling dan mahoni pada tahun 1994.
Karena usaha dan kerja keras beliau, usahanya berkembang pesat. Bapak H.
Slamet Widodo menggunakan sistem COD Sale, yaitu penjual mengirimkan katalog
kepada para calon pembeli, kemudian pembeli memilih barang yang diinginkan
melalui katalog dan memesan barang dengan melalui telefon, dan penjual pun
mengirimkan barang yang dipesan dan ketika barang diterima oleh pembeli, maka
pada saat itu juga pembeli mengirm uang pembayarannya melalui rekening bank.
Selain dengan cara COD Sale seperti itu, Bapak H. Slamet Widodo juga
memanfaatkan media social diinternet untuk mempromosikan produknya. Dengan cara
pemasaran yang seperti itu maka beliau berhasil memasarkan produknya sampai keluar
kota bahkan keluar negeri, sehingga Bapak H. Slamet Widodo membutuhkan banyak
tenaga kerja untuk memenuhi permintaan pasar.
Dan sampai saat ini karyawan diperusahaan ini mencapai 70 orang lebih.
Omsetnya pun mencapai 10.000 unit per bulan.
Alamat Shely Handycraft ini di
Dukuh Ngentak RT.16/RW.08, Brangkal, Karanganom, Klaten.
8.
Software
dan Hardware Yang Digunakan
Software adalah data-data yang terdapat
pada sebuah computer yang diformat, kemudian disimpan secara digital.
Software
yang digunakan :
1.
Program aplikasi Delphi 7
Delphi adalah produk Borland yang
ditujukan pada lngkgan system operasi Windows. Perangkat lunak ini menyediakan
kemudahan dalam mebuat suatu program. Kemudahan yang ditawarkan antara lain
dalam hal membuat tampilan pada komuter atau yang biasa dinamakan antarmuka
pemakai.
2.
Database MySQL
Pengertian MySQL adala database yangcepat dan tanggung, karena dengan
database kita bias menyimpan, mencari dan mengklasifikasikan data dengan lebih
akurat dan professional.
Kelebihan
MySQL, yaitu :
a. Dari
segi performa, MySQL tidak bias diragukan pemrosesan database sangat cepat.
b. Open
source
c. Mudah
dipelajari
MySQL
memiliki beberapa keistimewaan, diantaranya :
a. Portabilitas
MySQL dapat berjalan stabil pada berbagai
system operasi seperti Windows, Linux, Max Os X Server.
b. Ragam
dan Fungsi
MySQL memiliki ragam tipe data yang
sangat kaya seperti sugnet/unsigned integer, float, double, char, text, dan
date.
c. Perintah
dan Fungsi
MySQL memiliki operatordan fungsi secara
penuh untuk mendukung perintah Select dan Where dalam perintah (Query).
3.
Sistem Operasi Windows XP
Windows XP adalah jajaran system operasi berbasis grafis yang dibuat
oleh Microsoft untuk digunakan pada kompute pribadi, yang mencakup computer
rumah dan desktop bisnis, laptop dan pusat media.
Hardware adalah komponen pada komputer yang dapat terlihat dan disentuh
secara fisik.
Spesifikasi perangkat keras (hardware) yang digunakan :
a. Processor
: Pentium(R) 4 CPU 1.80GHz
b. RAM
: 512 MB
c. Hard
Disk : 80 GB
d. Mouse
: Standard Mouse
e. Keyboard
: 102 Keys
f. Monitor
: 17”
g. Printer
: Inkjet
9.
Metode
Penulisan
a.
Wawancara
Yaitu metode yang langsung bertanya kepada pemilik perusahaan serta
beberapa karyawan yang terkait dalam transaksi penjualan.
b.
Observasi
Yaitu pengamatan secara langsung terhadap transaksi-transaksi yang
dilakukan di perusahaan shely handycraft.
c.
Studi pustaka
Merupakan upaya pengumpulan data dan teori melalui buku-buku, surat
kabar serta sumber informasi non manusia sebagai penunjang pengumpulan data.
10.
Rencana
Kegiatan
No.
|
Kegiatan
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Identifikasi
Masalah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Analisis
Kebutuhan Data
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Pengumpulan
Data
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Pembimbingan
Penulisan Naskah Tugas Akhir
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Penulisan
Laporan Tugas Akhir
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Membuat
Rancangan Sistem
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
Implementasi
Program
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
Uji
Coba Program
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
Revisi
Konsep, Desaign Rancangan, Kode Program
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
Pendadaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11.
Daftar
Pustaka
1.
Mulyadi, 2001. Sistem Akuntansi. Jakarta:
Salemba Empat.
2.
Kusrini, 2006. Strategi Perancangan dan
Pengelolaan Basis Data. Yogyakarta: ANDI Offset.
3.
Kadir, Abdul. 2007. Mudah Menjadi
Programmer Delphi. Yogyakarta: Yescom.
4.
Jogiyanto HM.1999. Analisis dan Desain Informasi.
Yogyakarta: ANDI Offset.
5.
Kadir, Abdul. 2004. Pemrograman Database
dengan Delphi 7 Menggunakan Access. Yogyakarta: ANDI Offset.
6.
http://dormatio.blogspot.com/2012/12/definisi-komputer-dan-komputerisasi.html
diakses tanggal 15 Maret 2013 pukul 09.11WIB.
7.
http://ghadinkz23.blogspot.com/2012/04/pengertian-hardware-software-dan.html
diakses tanggal 17 Maret 2013 pukul 20.11 WIB.
No comments:
Post a Comment